Selasa, 06 Desember 2016

Bahaya Penyakit Kelenjar Tiroid Pada Anak

Bahaya Penyakit Kelenjar Tiroid Pada Anak


Untuk kali ini saya akan menjelaskan tenatng Bahaya Penyakit Kelenjar Tiroid Pada Anak.penyakit kelenjar tiroid ini tak hanya menyerang orang dewasa, Anak-anakpun memiliki resiko terkena penyakit kelenjar tiroid, pada umunya anak perempuan memiliki resiko yang dbiasanya penyakit kelenjar tiroid pada anak ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti keturunan ataupun karena asupan yang dimakan oleh anak tersebut. Penyakit kelenjar tiroid ini bukanlah penyakit yang menular hanya saya penyakit ini ditakuti oleh banyak manusia sebab jika penyakit ini terus menerus bertumbuh akan menyebabkan kematian pada seseorang yang menderita penyakit tersebut


A. PENJELASAN PENYAKIT KELENJAR TIROID

 

Kelenjar Tiroid adalah suatu kelenjar yang berbentuk seperti kupu-kupu dan terletak dibagian depan bawah dari leher, tiroid ini berfungsi sebagai kelenjar endokirin. fungsi sebenarnya dari kelenjar tiroid adalah untuk menghasilkan hormon tiroid yang dikeluarkan ke dalam darah dan diangkut keseluruh jaringan tubuh

Penyakit Kelenjar Tiroid adalah masalah atau gangguan yang terpadat pada bagian kelenjar tiroid yang menyebabkan organ dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik. kinerja kelenjar tiroid ini dikendalikan langsung oleh otak. sebab kelenjar ini berfungsi untuk mengatur berbagai sistem metabolisme dalam tubuh yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. 

B. PENYEBAB GANGGUAN KELENJAR TIROID PADA ANAK

 

Pada beberapa kasus yang biasa terjadi Penyakit kelenjar tiroid ini disebabkan karena faktor keturunan entah itu dari kakek, nenek, ayah, atau ibunya. namun yang pasti jika seorang bayi memiliki penyakit kelenjar tiroid maka ada beberapa penyebab terjangkitnya penyakit kelenjar tiroid yang mungkin terjadi saat bayi itu masih dalam kandungan seperti Cacat ketika berada dalam kandungan sehingga kelenjar tiroidnya tidak berkembang dengan sempurna. tetapi ada juga yang saat dalam kandungan kelenjar tiroidnya berkembang dengan sempurna hanya saja tidak dapat membuat hormon tiroid dengan cukup. atau Saat mengandung ibunya memiliki penyakit kelenjar tiroid, bisa juga disebabkan karena Ibunya memiliki masalah kekurangan yodium. 

Hipotiroid ini disebabkan oleh kurangnya asupan gizi untuk kelenjar tiroid, hipotiroid adalah kondisi dimana kelenjar tiroid tidak bisa atau bahkan gagal untuk mengeluarkan cukup hormon ke dalam aliran darah yang menyebabkan terganggunya sistem metabolisme dalam tubuh,

C. GEJALA PENYAKIT KELENJAR TIROID PADA ANAK 

 

Gejala hipotiroidisme akan terlihat setelah bayi berusuia 6-12 minggu, jika bayi terserang penyakit hipertiroid maka akan ditemukann kelainan pada pisiknya seperti, kelenjar gondo yang membesar, berat badan bayi akan tetap sama walaupun banyak minum susu, matanya akan lebih menonjol keluar, denyut jantungnya menjadi cepat bahkan juga tekanan darahnya tinggi selain itu ada juga ciri lain seperti mempunyai wajah yang sembab, tampak bodoh, dan lidah yang besar. setelah tumbuh besar dan memasuk masa kanak-kanak jika seorang anak didiagnosa mengidap penyakit hipotiroidisme maka akan menyebabkan anak lebih mudah merasa lelah, dan tidak bertenaga, selain itu kulitnya menjadi kering, wajah anak akan tampak pucat dan kekuningan (jaundice), anak-anak yang mengidap hipotiroidisme akan mengalami pertumbuhan yang sangat lambat. 

Jika penyakit kelenjar tiroid pada anak ini tidak segera diobati maka pertumbuhan anak akan terganggu dan mengakibatkan tubuh dari anak yang menderita penyakit kelenjar tiroid ini berukuran kecil (kerdil) serta merusak pada perkembangan otak anak yang menyebabkan anak memiliki gangguan mental (idiot), selain itu jika penyakit ini terus menerus dibiarkan dapat juga menyebabkan kematian yang mendadak pada anak. kelainan ini tidak dapat dicegah berbeda dengan penyakit-penyakit pada unumnya, hanya saja untuk saran sebaiknya untuk para wanita yang sedang mengandung lebih banya memeriksakan terhadap kesehartan dan janinya.

Demiakian pengertian tentang  Bahaya Penyakit Kelenjar Tiroid Pada Anak yang dapat saya jelaskan, tetapkan jaga kesehatan agar terhindar dari penyakit Kelenjar Tiroid, semoga informasi ini dapat menambah wawasan untuk hidup yang lebih sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar