Rabu, 30 November 2016

Khasiat Tanaman Ciplukan Untuk Berbagai penyakit

Khasiat Tanaman Ciplukan Untuk Berbagai Penyakit


Meskipun hanya sekedar tanaman liar bukan berarti tanaman ini tak memiliki manfaat bagi manusia, Bahkan sebenarnya Tanaman ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh manusia, Untuk seakarng telah ditemukan Khasiat Tanaman Ciplukan Untuk Berbagai Penyakit. Pengetahuan akan hal ini sangat berguna bagi kesehatan manusia dizaman sekarang, sebab sekarang banyak orang orang lebih mengedepankan pekerjaan daripada kesehatannya sendiri. 


MENGENAL KANDUNGAN YANG ADA DALAM TANAMAN CIPLUKAN


Tanaman Ciplukan yang memiliki nama latin Physialis Angulata L ini adalah tanaman semusim yang banyak tumbuh disemak-semak dan hiudp dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia, Tanaman Ciplukan ini memiliki banyak kandungan yang mampu mengobati berbagai Penyakit Ringan bahkan juga Penyakit Mematikan seperti kanker. Karena adanya kandungan yang mampu mengecilkan atau membunuh bakteri bahkan sel jahat yang merusak atau mengganggu system kerja organ tertentu. Tidak disangka tanaman liar yang memiliki rasa buah yang manis ketika sudah matang ini ternyata menyimpan beberapa kandungan yang baik dalam setiap bagiannya, beberapa kandungan yang dibutuhkan manusia seperti Vitamin C, Asam falmitat, Alkaloid, Chlorogenic acid, Polifenol, Flavonoid, Saponin, Fisalin, dan Steroid.

Banyaknya kandungan yang ada dalam tanaman ciplukan ini membuat tanaman ini banyak dicari sebagai pengobatan tradisional, meski tanaman ini mudah ditemukan di Indonesia tetapi Tanaman Ciplukan ini diduga berasal dari Negara Amerika Latin dan tersebar ke berbagai kawasan di Amerika, Pasifik, Australia, dan Asia termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri tanaman ini mudah tumbuh di kawasan hutan, pinggir sungai, bahkan juga dikebun-kebun. Ketinggian yang cukup untuk tumbuhnya Tanaman Ciplukan ini adalah 1.600-1800 diatas permukaan laut.


MANFAAT BAGIAN-BAGIAN DARI TUMBUHAN CIPLUKAN


Karena kandungan yang ada pada tanaman ciplukan ini memiliki banyak kegunaan untuk menyembuhkan beberapa penyakit, selain menyembuhkan kandungan dari tanaman itu sendiri mampu mengecilkan bahkan juga mematikan sel kanker jahat yang ada dalam tubuh. Maka dari itu banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan bagian-bagian dari tanaman ciplukan.
Beberapa kegunaan dari bagian tertentu Tanaman Ciplukan :

  • Manfaat Akar dari tanaman ciplukan
    1.  Dapat digunakan untuk mengobati penyakit Diabetes melitus
      *Cara meramu: batang sampai akar tanaman ciplukan dilayukan dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tingga 1 gelas, kemudian disaring. diminum 1 kali sehari.
    2. Dapat digunakan untuk menyadarkan orang pingsan
      *Cara meramu: sediakan akar tanaman ciplukan dan bakar. Kemudian abunya dicampur dengan kapur sirih. Setelah itu campurkan dengan sedikit minyak kelapa, dan oleskan pada kepala orang yang sedang pingsan.


  • Manfaat Daun dari tanaman ciplukan
    1. Dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan pada anak
      *Cara meramu: sediakan 1 genggam daun ciplukan, lalu rebus dengan 2 gelas air lalu biarkan hingga mendidih, setelah mendidih saring dan tuangkan rebusan daun ciplukan, minum selagi hangat
    2. Dapat digunakan untuk mengobati bisul
      *Cara meramu: 1 genggam daun ciplukan direbus. lalu airnya dioleskan pada bagian bisul yang meradang, pastikan tangan anda dalam keadaan bersih
    3. Dapat digunakan untuk mempercepat pengeringan borok
      *Cara meramu: 1 genggam daun ciplukan ditambah 2 sendok air kapur sirih. ditumbuk sampai halus lalu ditempelkan pada bagian yang mengalami borok
    4. Dapat digunakan untuk penyakit Gondongan
      *Cara meramu: sediakan 1 genggam daun ciplukan, lalu rebus dengan 2 gelas air lalu biarkan hingga mendidih, setelah mendidih saring dan tuangkan rebusan daun ciplukan, minum selagi hangat.
  • Manfaat  Buah dari tanaman ciplukan
    1. Dapat digunakan untuk mengobati sariawan
      *Dikonsumsi secara rutin, karena buah Ciplukan ini memiliki kandungan Vitamin C jadi buah ini bisa dijadikan obat sariawan
    2. Dapat digunakan untuk mengobati stroke
      *Dengan mengkonsumsi buah dari tamanan Ciplukan dalam jumlah yang seimbang setiap harinya
    3. Dapat digunakan untuk menambah kecerdasan
      *Cara meramu: campurkan air, jeruk nipis, gula dan buah ciplukan 
    4. Dapat digunakan untuk menurunkan demam pada anak anak
      *Dengan mengkonsumsi buah ciplukan 5-10 butir setiap harinya sampai sembuh
    5. Dapat digunakan untuk mengobati penyakit ayan (Epilepsi)
      *Dengan mengkonsumsi buah ciplukan 8-10 butir setiap harinya namun harus seimbang dengan konsumsi air putih.
  • Manfaat Seluruh bagian dari tanaman ciplukan

    1.  Dapat digunakan untuk menambah darah
      *Cara meramu: memasak batang dari buah ciplukan, kemudian minum ari rebusannya.Dapat digunakan untuk mengobati batuk rejan
    2. Dapat digunakan untuk mengobati penyakit Paru-paru
      *Cara meramu: direbus dengan 3-5 gelas air sampai mendidih dan disaring. diminum 2kali sehari
    3. Dapat digunakan untuk membersihkan kencing kotor
      *Cara meramu: Cukup dengan minum air rebusan dari akar sampai pucuk buah ciplukan, minum secara rutin
    4. Dapat digunakan untuk menghilangkan sakit persendian
      *Cara meramu: campur daun dengan kapur sirih lalu tumbuk sampai halus kemudian tempelkan pada persendian yang sakit.
    5. Dapat digunakan untuk penawar racun dalam tubuh
      *Cara meramu: seluruh nagian dari tanaman ciplukan direbus lalu diminum secara rutin.
     
 Banyak penyakit yang dapat diatasi dengan Tanaman Ciplukan ini, sekarang terbukti bahwa tanaman liar ini memiliki banyak Khasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. meski begitu kesehatan harus selalu dijaga, karena bagaimanapun kesehatan itu lebih penting daripada pekerjaan. Perbanyak beolah raga dan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung gizi, serta atur pola hidup yang sehat.

1 komentar:

  1. Saya migran,atau vertigo apa bisa sembuh dg ciplukan,crany gmn mkah

    BalasHapus